Seluk Beluk Perkembangan Merk Jam Terkenal Dunia

 

Grosir Jam Tangan - Di dunia ini banyak produsen yang jual jam tangan. Sedangkan negara yang sangat terkenal dengan produksi jam tangan ada 2 yakni Swiss dan Jepang. Jika Anda melihat jam tangan ada tulisan Swiss made itu berarti jam tersebut di desain di Swiss, di produksi di Swiss dengan menggunakan mesin Swiss. Sedangkan untuk jam yang menggunakan mesin Jepang, biasanya akan tertulis Japan mov’t (mesin dari Jepang).


Untuk jam Swiss, di Indonesia ada beberapa produk yang sangat dikenal di masyarakat misalnya Rolex, Omega, Tag Heuer, Raymond Weil,Tissot,dll. Beberapa nama yang sangat populer di kalangan kolektor namun untuk orang Indonesia umum agak awam adalah Victorinox Swiss Army, Breitling, Bulgary, Mido,Oris, Panerai, Blancpain, Breguet, Chopard, Corum, dll.

Tentunya ada juga jam dari Eropa yang diluar Swiss, misal Italia dan Paris,yang terkenal adalah jam fashion seperti Elle. Sedangkan dari Amerika ada jam tangan seperti Fossil maupun Guess. Untuk Elle, Fossil maupun Guess adalah jam dengan dominansi fashion, jam tangan ini berasal dari produsen barang – barang fashion dan bukan asli produsen jam tangan.

Untuk Jam jepang, banyak label yang beredar di pasaran. Yang sangat sering kita jumpai adalah Seiko dan Citizen. Ada beberapa nama produksi dari Jepang seperti Orient, Casio, maupun Alba. Namun nama Seiko dan Citizen di mata dunia dirasakan lebih berkelas. Nama Seiko di Indonesia pun sangat terkenal luas karena produknya sudah beribu-ribu dan mungkin juta menghiasi rumah dan pergelangan tangan orang Indonesia. ( Kayaknya banyak yang memakai KW ) : )

Seiko adalah perusahaan jam yang mungkin paling tua di Jepang karena berdiri sejak 1881. Selama malang melintang di bisnis jam, Seiko sudah menorehkan prestasi yang cemerlang yakni (1969) Seiko Astron, world’s first quartz watch, (1973) world’s first LCD quartz watch with six-digit digital display. Seiko adalah pelopor jam tangan dengan teknologi Kinetik (1988). Yakni teknologi gabungan antara energi gerakan tangan dan quartz. Teknologi ini mampu menyimpan energi dari gerakan tangan selama kurang lebih 6 bulan. Berbeda dengan Automatic yang kekuatannya berkisar sekitar 40 jam.

Seiko juga mempunyai teknologi terbaru yiaitu Spring drive (sejak 1999), yaitu teknologi yang diciptakan sekitar 26 tahun dari riset Seiko dengan menggunakan 600 prototype. Teknologi ini menggunakan spiral yang mampu di konversi menjadi sebuah energi. Energi inilah yang nantinya akan digunakan untuk menggerakkan roda dari jam. Jam tangan dengan teknologi Spring Drive ini sudah pernah dipakai di luar angkasa dengan modelnya Spring Drive Space walk (limited). Sekarang ini Seiko mengeluarkan produk terbaru dengan beberapa category yakni Spring Drive, Ananta, Velatura, Sportura, Premier, Actura, dan Seiko 5.

Sedangkan Citizen, terkenal dengan teknologi Eco Drive. Citizen didirikan pada tahun 1924 dan merupakan produsen penemu pertama teknologi solar (matahari). Dan sekarang merupakan pelopor teknologi Eco Drive. Teknologi ini diyakini sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan baterai, hanya menggunakan tenaga cahaya, bisa matahari, lampu dan lain-lain. Dengan teknologi Eco Drive, beberapa produk dari Citizen mampu menyimpan energi matahari (direct sun shine) cukup 3 menit untuk 1 tahun, artinya kita hanya perlu menangkap sinar matahari 3 menit yang mampu digunakan selama 1 tahun.
Hebat bukan ? : )

 

sumber : warungjamtangan.com

Last update: 1 month ago